Kamis, 23 Juni 2011

MESIR VAN PAPUA JILID V: TIMIKA KINI BERSIH



Kalau flash back mengingat 5-6 tahun lalu –masa2 muda saya dulu, SMA- kota ini sangat kotor, sampah2 berserakan dimana2, terutama di tempat2 vital seperti pasar. Tapi jangan ditanya kalau sekarang, tak ada lagi sampah2 menumpuk di pinggir jalan. Lalu apa rahasianya?



Ya, bagaimana tidak bersih kini kebersihan kota sudah dimanage sedemikian rupa. Petugas yang membersihkan saja ada dua shift, pagi dan petang. Mereka mengangkut sampah2 dengan truck, dan juga ada lagi sepeda motor –diengkapi bak sampah- berkeliling membersihkan sisa2 sampah yang masih tersisa. Jumlah personilnya pun cukup banyak: 70 sekian/harinya, cukup banyak untuk kota yang terbilang kecil ini, itupun tidak ada hari libur, hari raya dan hari minggu tetap kerja. Juga ada pengawasnya yang berpatroli mengawasi hasil kerja bawahannya.



Petugas2 kebersihan itu diberi imbalan yang lumayan, untuk bekerja yang hanya setengah hari mereka diberi upah 90.000/hari, kalau dikalikan 30 = 2.700.000/bulannya, mengalahkan gaji mereka2 yang berpakaian rapi ketika bekerja. Hmm, pantas saja.



Jadi, teringat Fizi dalam Upin & Ipin yang bercita-cita menjadi petugas pengangkut sampah.



Saya kira, di timika ini kalau mau bekerja –apa saja yang penting halal- tidak ada ceritanya orang kelaparan. Makanya disini tidak ditemui pengemis atau anak2 jalanan yang berkeliaran di lampu merah.



Mari jaga kebersihan kota kita!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar